BREAKING NEWS
Loading...
Arizal & Nadia

Alhamdulillah, akhirnya kutemukan dirimu wahai belahan jiwaku..

Era Digital

Mari songsong era digital dengan penuh semangat dan percaya diri.

Hidup itu indah

Hidup adalah anugerah.

Karya

Terus belajar dan berkarya.

RIZALmedia

Disinilah semua ide dan gagasan saya persembahkan.

Kepanjen Idol

Sebuah wadah yang saya persembahkan untuk mendukung generasi muda kita.

Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang saya dirikan dan persembahkan untuk kawan-kawan para blogger dari seluruh Indonesia.

Radio Kepanjen FM

Media radio yang pernah saya dirikan untuk misi hiburan dan pendidikan.

Tentang Arizal

Wawasan

Belajar Blog

Belajar Desain Grafis

Belajar Multimedia

RIZALmedia

Software

Belajar Media Sosial

Film

Hiburan

Arizal Firmansyah
Arizal Firmansyah (lahir 15 September 1986) adalah seorang pria yang menekuni bidang teknologi informasi, multimedia, elektronika, jurnalistik, dan broadcasting. Arizal yang merupakan pendiri RIZALmedia dan pendiri Komunitas Blogger Indonesia ini berasal/asli dan bertempat tinggal di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Arizal mulai dikenal masyarakat sekitar karena keberadaan RIZALmedia sebagai toko komputer dengan jasa multimedia terlengkap hingga kini, mulai dari jasa video shooting, recording audio, editing audio-video, perbaikan komputer dan laptop, hingga kini merambah ke pemasangan CCTV dan jasa pembuatan website hingga kursus komputer privat.

Riwayat Hidup

Sejak lahir Arizal menetap di Kecamatan Kepanjen. Arizal balita hingga usia 10 tahun (kelas 3 SD) bertempat tinggal di sebuah rumah kontrakan di Jalan Makmur (sekarang Jalan Sultan Hasanuddin) Kelurahan Penarukan. Lalu, sejak usia 10 tahun tersebut hingga kini dewasa dan sudah berkeluarga bertempat tinggal di Kauman, Kelurahan Kepanjen. Sempat juga di tahun 2011-2016, Arizal yang mengembangkan usahanya RIZALmedia mengkontrak di sebuah ruko di Jalan Effendi, Kelurahan Kepanjen, dan 2016-2017 mengkontrak di Jalan Adi Santoso, Kelurahan Ardirejo. Namun, kini kembali lagi mendirikan RIZALmedia di rumah sendiri milik orang tua di Kauman, Kelurahan Kepanjen.

Arizal lahir dan dibesarkan oleh orang tua yang luar biasa. Ibundanya Ibu Chosi'ah (lahir 1959) asli Desa Wonojati, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, dan ayahnya Bapak Mochammad Arifin (lahir 1954) asli Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang lalu bertempat tinggal di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Bapak Mochammad Arifin adalah seorang pedagang kaset tape sejak tahun 1970-an di Pasar Besar Kepanjen yang kini beralih berjualan barang-barang bekas elektronik di Kios ARTOMORO di lantai 2 Pasar Besar Kepanjen. Ibu Chosi'ah di tahun 1990-an adalah penjual makanan ringan dan es yang dititipkan di toko, warung, dan sekolah-sekolah di wilayah Kepanjen.

Arizal adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara. Kakak perempuan kandungnya, Arisa Choiriyah menikah dengan Mulyono, seorang pria asal dari Wonocolo, Surabaya, yang kini membuka usaha bengkel sepeda motor MULYA MOTOR bertempat tinggal di Jalan Effendi, Kelurahan Kepanjen. Adik perempuan kandungnya, Arila Cholilah menikah dengan Alif Sixnory Pratama, seorang pria asal Pagak, Malang, yang kini bertempat tinggal di Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Arizal kecil telah belajar hidup sederhana dari orang tua dan keluarga. Kehidupannya saat kecil, remaja, hingga dewasa tidak jauh berbeda dengan orang lain. Namun, lingkungan keluarga dan sosial bermasyarakat yang membentuk karakter Arizal hingga kini. Di tengah keterbatasan keadaan ekonomi keluarga, Arizal tetap berusaha semangat dalam berkarya, belajar, dan berbagi manfaat terhadap sesama melalui ilmu dan wawasan yang telah didapatnya. Dengan berbagai permasalahan dan polemik yang dianggap ujian kehidupan oleh Arizal, serta perjalanan kehidupan Arizal menjadi unik bagi dirinya, hingga kini Arizal terus berbagi tentang kisah hidupnya melalui blog dan media sosial miliknya.

Riwayat Karir

Awalnya bersama 1 buah perangkat komputer di kamar pribadi, semenjak sekolah SMP di tahun 2000, Arizal telah mendirikan Rey Computer dan Rey Studio, sebuah usaha sederhana dengan nama yang sesuai dengan nama On Air-nya dulu saat menjadi penyiar radio, Rey Arifin.

Arizal dengan Rey Studio di usia SMK telah mendapatkan job membuat produksi audio diantaranya spot iklan, jingle, smash yang telah diputar di banyak stasiun radio, diantaranya : Radio Smeamu FM, Sunan Giri FM, Smumda FM, Budi Utomo FM, Miftahul Huda FM, dll.

Saat Arizal telah lulus SMK, Rey Studio di tahun 2006 hingga 2008 hanya menjadi pekerjaan sampingan Arizal dari pekerjaan utama di beberapa tempat kerja lain saat menjadi karyawan.

Kemudian, di tahun 2008, Rey Studio berkembang menjadi RIZALmedia dan terus memproduksi produk Audio tadi yang telah diputar di Radio Sempatis (SMP Islam) FM, RJS FM Sumberpucung, Audina FM Jatiguwi, Radio Denta Sumbermanjing, Radio Makobu Kota Malang, Radio VIP Kota Malang, Radio Kanjuruhan FM, Radio Palabuhan Ratu Jawa Barat, Radio Gita Kalimantan Selatan, dll.

Di tahun 2009, Arizal mulai menghasilkan karya di dunia maya (internet) yakni mendirikan InfoKepanjen.com (sekarang menjadi InfoKepanjen.blogspot.com), website pertama yang mengulas tentang informasi Kepanjen dan sekitarnya. Setelah itu, didirkan juga website usaha RIZALmedia, dan juga website lainnya yang ada silih berganti, seiring dengan usaha bisnis online yang terus ditekuni oleh Arizal hingga kini.

Di tahun 2010, Arizal sempat menyelenggarakan dan menjadi Pembicara Utama di SEMINAR GRATIS Tentang Internet dan Blogger di Hotel Santana bersama Tim InfoKepanjen.com.

Di tahun 2011 hingga 2016, usaha utama yang didirkan Arizal yakni RIZALmedia sempat menempati/ mengkontrak ruko (rumah dan toko) di Jalan Effendi 69A Kepanjen. Bersyukur sekali karena di 5 tahun tersebut, Arizal bersama RIZALmedia telah mendapat banyak ilmu, pengalaman, pelanggan, bahkan modal untuk mengembangkan peralatan multimedia yang ada.

Saat menempati ruko di Jalan Effendi, sempat juga selama 3 tahun yakni di tahun 2012 hingga 2015 Arizal mendirikan stasiun Radio KEPANJEN FM di frekuensi 99.7 MHz. Karena kendala perizinan dan tempat yang masih mengkontrak, akhirnya stasiun radio ini tidak bisa berlanjut hingga kini.

Oh iya, di tahun 2011, Arizal memiliki gagasan untuk bagaimana caranya mencari teman di dunia blogging yang juga telah ia geluti selama beberapa tahun terakhir, akhirnya didirikanlah Komunitas Blogger Indonesia dengan alamat website www.bloggerindonesia.net.

Di tahun 2014, saat menjadi mahasiswa di Universitas Kanjuruhan Malang, Arizal juga sempat menjadi Pembicara Utama di WORKSHOP mengenai Blogger dan Bisnis Online bertempat di gedung fakultas Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang.

Di tahun 2015, Arizal memiliki gagasan kembali untuk membuat event lomba menyanyi/karaoke yang lebih profesional dari yang pada umumnya, akhirnya diadakanlah Kepanjen Idol. Arizal berharap dengan diadakannya event ini bisa sebagai wadah generasi muda dalam menyalurkan bakat vocalnya, dan sekaligus untuk mengamalkan ilmu multimedia yang telah dimiliki Arizal. Sejak tahun 2015 hingga 2019 telah diadakan Kepanjen Idol 1 sampai dengan Kepanjen Idol 6. Berkembang lagi, di tahun 2019 hingga kini diadakan Malang Idol dengan harapan lebih luas efek dan manfaatnya.

Mengenai tempat RIZALmedia kembali. Selesai waktu kontrak di ruko Jalan Effendi, di tahun 2016 hingga 2017 (selama 1 tahun), Arizal bersama RIZALmedia mengkontrak ruko di Jalan Adi Santoso 87, Kepanjen. Dan, sejak tahun 2017 hingga kini, Arizal bersama keluarga menempati rumah milik orang tua kembali yakni di Jalan KH. Ahmad Dahlan No.60 Gang Kasuari, Kauman, Kepanjen, Malang. Rumah sederhana di dalam gang akhirnya kami renovasi menjadi toko komputer, tempat kursus, dan studio multimedia mini.


RIZALmedia

"Saya merintis RIZALmedia sejak tahun 2008, yakni sebuah usaha swasta pribadi sederhana yang mencakup semua wawasan yang Alhamdulillah telah Allah titipkan kepada saya untuk segera diamalkan. Saya termotivasi dari Ayah saya, Bapak Mochammad Arifin, bahwa berwirausaha (pemilik usaha) adalah posisi tertinggi dari sebuah cita-cita, dan termotivasi dari ibunda saya, Ibu Chosi'ah, bahwa kejujuran dan niat adalah kekuatan dalam sebuah usaha, maka saya bertekad mendirikan usaha ini dari modal seadanya. Semoga bermanfaat bagi Semuanya.. Amin.." - Arizal Firmansyah -

Baca juga : Sejarah RIZALmedia


Profil dan Biografi Lengkap Arizal Firmansyah

Nama Lengkap : Arizal Firmansyah
Tempat, Tgl. Lahir : Malang, 15 September 1986
Tinggi Badan : 158 cm
Berat Badan : 65 kg
Golongan Darah : O
Agama : Islam
Status : Menikah
Kewarganegaraan : WNI (Warga Negara Indonesia)
Domisili : Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 60, Kauman, Kepanjen, Kab. Malang, Jawa Timur


Skills :
  • Teknologi Informasi
  • Multimedia
  • Elektronika
  • Jurnalis
  • Broadcasting

Riwayat Pendidikan :
  • TK Dharma Wanita Kepanjen (1992-1993)
  • SD Negeri Kepanjen 3 (1993-1999)
  • Madrasah Diniyah IMAMI Kepanjen (1997-1999)
  • SMP Negeri 4 Kepanjen (1999-2002)
  • SMK Negeri 1 Singosari Jurusan Elektronika Audio Video (2002-2003)
  • SMK NU Sunan Giri Kepanjen Jurusan Elektronika Komunikasi (2004-2006)
  • Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (2009-2011)
  • Universitas Kanjuruhan Malang Jurusan Sistem Informasi (2013-2015)

Riwayat Organisasi :
  • Briker Radio FM freq 80-87 MHz Lokal Malang Selatan (1997-2000)
  • Briker 2 Meter freq 144 MHz Lokal Malang Selatan (2000-2005)
  • Radio Sunan Giri FM Kepanjen (2002)
  • Blogger Malang Selatan (2009)
  • Komunitas Blogger Indonesia (2011 s.d sekarang)
  • Yayasan Indonesia Digital Merdeka (2022 s.d sekarang)
Riwayat Karir :
  • Radio Sunan Giri FM (Penyiar) (2003-2006)
  • Budi Cell (Karyawan) (2006)
  • Anita Cell (Teknisi Ponsel) (2006-2007)
  • Radio Smeamu FM (General Manager) (2006-2008)
  • Kepanjen Media (Reporter) 2007-2008
  • Pondok Galaxy (Teknisi Ponsel) (2008)
  • Radio VIP Kota Malang (Penyiar) (2008)
  • Radio Makobu Fm Kota Malang (Penyiar) (2009)
  • SMA Islam Kepanjen (Guru Komputer) (2009-2014)
  • SMK NU Sunan Giri Kepanjen (Guru Komputer) (2009-2014)
  • Radio Kepanjen FM (Pendiri) (2012-2016)
  • RIZALmedia (Pendiri) (2008 s.d sekarang)

Pekerjaan & Pengabdian hingga saat ini

- Arizal Firmansyah -
WhatsApp : 085-1090-69-001
Website Blog : www.arizalfirm.blogspot.com

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top