BREAKING NEWS
Loading...
Arizal & Nadia

Alhamdulillah, akhirnya kutemukan dirimu wahai belahan jiwaku..

Era Digital

Mari songsong era digital dengan penuh semangat dan percaya diri.

Hidup itu indah

Hidup adalah anugerah.

Karya

Terus belajar dan berkarya.

RIZALmedia

Disinilah semua ide dan gagasan saya persembahkan.

Kepanjen Idol

Sebuah wadah yang saya persembahkan untuk mendukung generasi muda kita.

Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang saya dirikan dan persembahkan untuk kawan-kawan para blogger dari seluruh Indonesia.

Radio Kepanjen FM

Media radio yang pernah saya dirikan untuk misi hiburan dan pendidikan.

Tentang Arizal

Wawasan

Belajar Blog

Belajar Desain Grafis

Belajar Multimedia

RIZALmedia

Software

Belajar Media Sosial

Film

Hiburan



Bagi yang punya rekening BRI, cek sekarang ! jangan-jangan Anda juga Korban. Ini berita lengkapnya :

Sudah 230 Nasabah BRI Rekeningnya Dibobol, Kemungkinan Bertambah

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Mataram akhirnya menempuh langkah hukum.

Bank plat merah itu melaporkan dugaan pembobolan rekening nasabahnya ke polisi kemarin (26/10).

Dalam laporannya ke Polres Mataram pihak bank turut membawa kamera pin pad dan alat skimmers, sebagai barang bukti.

Bagian Hukum BRI Kanwil Denpasar Wibisana mengatakan, tujuan pelaporan tersebut merupakan tindaklanjut dari keluhan nasabah.

Di mana, uang di sejumlah rekening nasabah berkurang secara misterius.

"Hari ini (kemarin, Red) secara resmi sudah kita laporkan kepada polisi," kata Wibisana usai dari SPKT Polres Mataram, kemarin.

Mengenai hasil audit, Wibisana mengaku masih dilakukan BRI Cabang Mataram.

Hingga kemarin, berdasarkan audit sementara, terdapat 230 nasabah yang melapor uang di rekeningnya telah berkurang. Dari jumlah tersebut, total kerugian yang dialami BRI mencapai RP 1,5 miliar.

"Kemungkinan akan terus bertambah, karena itu kita akan koordinasi juga dengan kantor pusat untuk investigasi," bebernya.

Investigasi dari kantor pusat, lanjut dia, untuk memastikan apakah 230 nasabah tersebut benar menjadi korban skimming.

Bila terbukti benar, maka pihak bank akan mengganti seluruh uang nasabah.

Disinggung soal alat skimming di ATM BRI, Wibisana membenarkannya.

Pihaknya mengindikasikan ada lima ATM yang telah dipasang alat penyadap data nasabah. Lima ATM ini tersebar di wilayah Kota Mataram hingga Lombok Barat.

"Ada di SPBU jalan lingkar, Kafe Mekar di Senggigi, tiga yang lain saya lupa," ungkapnya.

Terkait tidak terpantaunya alat skimming hingga terjadi pencurian data nasabah, Wibisana membantah sebagai kesalahan dari pihak bank.

Sebaliknya, dia malah melemparkan kesalahan tersebut kepada pihak vendor ATM.

Wibisana mengatakan vendor lah yang seharusnya mengawasi hal tersebut. Sebab, pengelolaan ATM murni menjadi kewenangan dari vendor.

Namun, adanya kejadian pembobolan rekening nasabahnya, membuat BRI menduga pengawasan yang dilakukan vendor tidak maksimal.

"Seharusnya vendor yang mengawasi, kita hanya terima laporan dari mereka. Yang kita temukan saat ini, mereka memang belum maksimal," jelasnya.

Wibisana juga enggan merinci adanya dugaan keterlibatan oknum BRI. Ini melihat banyaknya nasabah yang mengetahui uangnya hilang melalui SMS Banking.

Bukan itu saja, saat ditanyakan apakah rekening tujuan dari transfer siluman nasabah BRI menuju satu rekening atau tidak, Wibisana enggan menjelaskannya.

"Itu masih kita selidiki," pungkas dia.

Saat Lombok Post (Jawa Pos Group) mengkonfirmasi tudingan pihak bank terkait masalah keamanan di ATM, pimpinan vendor ATM BRI, PT SSI tidak berada di tempat. Salah seorang petugas keamanan bernama Naofal mengatakan pimpinannya tengah keluar.

"Bos lagi keluar, di sini juga tidak bisa sembarangan masuk," kata Naofal kepada awak media yang meminta konfirmasi.

Menindaklanjuti laporan BRI, Kasat Reskrim Polres Mataram AKP Haris Dinzah mengatakan, jajarannya akan melakukan koordinasi dengan BRI. Selain itu, Polda NTB pun akan dilibatkan dalam pengusutan kasus ini.

"Nanti ada asistensi juga dari cyber crime Polda," kata dia.

Guna memudahkan penyelidikan, polisi akan meminta sejumlah dokumen yang berkaitan dengan data nasabah dan bukti transaksi.

"Biar cepat ini prosesnya. Tapi karena ini berkaitan dengan kerahasiaan bank, jadi kita minta bank bisa menyerahkan kepada penyidik," ujar mantan Kasat Reskrim Polres Lombok Timur ini.

Selain dokumen, polisi rencananya akan turun lapangan. Mengecek sejumlah ATM yang terindikasi telah dipasang alat skimming.

"Waktunya belum tahu, kita masih inventarisir berapa jumlah pastinya," tandasnya.

Sementara itu, hingga kemarin laporan pembobolan rekening nasabah masih juga terjadi. Bripka Eko Suseno anggota Sabhara Polres Mataram mengaku kehilangan uang di rekeningnya sebesar RP 684 ribu.

"Ini baru saja saya terima SMS. Setelah dibuka, ternyata ada pemberitahuan rekening saya telah didebet sebesar Rp 684 ribu," kata dia. [jpnn]

KESIMPULANNYA :

Saldo berkurang ternyata karena ATM tempat nasabah mengambil uang telah disadap oleh seorang oknum yang kemungkinan terbesar adalah melibatkan orang dalam dari vendor yang mengadakan mesin ATM.

Bisa jadi pin pad (tombol angka) di mesin ATM telah ditempel lapisan alat penyadap di atasnya untuk mencuri data password kita, sedangkan mesin ATM juga dipasang alat penyadap yang mengirimkan data Kartu ATM (nomor kartu ATM dan nomor rekening) beserta data-data nasabah, jelas ini juga adalah kerjaan orang dalam pembuat vendor ATM yang bisa juga bekerjasama dengan oknum orang dalam dari pihak Bank.



Jadi waspadalah bagi yang ingin transaksi di ATM. Kesimpulannya sangat aman menggunakan internet banking di komputer pribadi kita saja, sebab transaksi dengan internet banking pasti aman sebab komputer yang menggunakan pasti kita sendiri dan ada sistem token dengan sms ke HP kalau BRI atau alat token khusus seperti milik BCA.

Ini peringatan juga kepada pihak Bank di manapun, berhati-hatilah dan waspadalah dengan pengadaan mesin ATM di wilayah Anda, bisa jadi vendor pengada mesin ATM Anda atau orang-orang yang Anda percaya adalah termasuk bajingan pencuri uang nasabah juga.

Ingin tau cara hacker bekerja mencuri saldo rekening nasabah dari ATM, baca : Cara Hacking ATM Bank

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top