BREAKING NEWS
Loading...
Arizal & Nadia

Alhamdulillah, akhirnya kutemukan dirimu wahai belahan jiwaku..

Era Digital

Mari songsong era digital dengan penuh semangat dan percaya diri.

Hidup itu indah

Hidup adalah anugerah.

Karya

Terus belajar dan berkarya.

RIZALmedia

Disinilah semua ide dan gagasan saya persembahkan.

Kepanjen Idol

Sebuah wadah yang saya persembahkan untuk mendukung generasi muda kita.

Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang saya dirikan dan persembahkan untuk kawan-kawan para blogger dari seluruh Indonesia.

Radio Kepanjen FM

Media radio yang pernah saya dirikan untuk misi hiburan dan pendidikan.

Tentang Arizal

Wawasan

Belajar Blog

Belajar Desain Grafis

Belajar Multimedia

RIZALmedia

Software

Belajar Media Sosial

Film

Hiburan

Apa itu Search Engine Optimization (SEO), jawaban ini bisa anda baca di artikel saya yang berjudul Memahami SEO dan Peranan Pentingnya pada Bisnis Online PPC. Sekarang saya akan sedikit menguraikan beberapa pengalaman saya pribadi dalam dunia SEO, jika nanti dalam pemaparan saya ada yang salah, tolong teman-teman blogger ikut membetulkan. :)

Ok Guys, langsung saja kita uraikan SEO dengan mengumpamakan BLOG sebagai sebuah rumah. Kenapa harus sebuah rumah? ya, ini hanya perumpamaan saja, supaya saya lebih mudah memberikan penjelasan ke teman-teman blogger pemula.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhOo9dY75MZIh332lkwVVLfKGN7fmmXSYH0qCJiN0nu2i6neFxPpA2GDCkXfCCDdAOxLhamaAE0VuO2OmIUcReWzqBhtSMSYBAtgySgVyXp9t1F7oCYsuPgAlx4de4N1io56T3w6r6_-nz/s200/Belajar+SEO+Untuk+Pemula+dengan+Mengumpamakan+SEO+Sebuah+Rumah.gif

Coba kita bayangkan bahwa BLOG kita itu sebuah RUMAH. Saat kita membangun rumah, tentunya ingin supaya desain rumah berbeda dengan tetangga sekitar (unik). Sama halnya dengan membuat blog, keunikan dari sebuah desain blog adalah nilai tersendiri di mata pengunjung blog.

Selanjutnya kita membahas isi (perabotan) dari sebuah rumah. Jika isi dari rumah itu sangat unik, tidak ada di tempat lain, sudah barang tentu tamu yang datang akan semakin penasaran untuk melihat-lihat lebih jauh ke dalam rumah tersebut. Sama halnya dengan Blog, jika memiliki konten yang unik, bot (robot) search engine (google) akan dengan senang hati menelusuri seluruh isi blog.

Bagaimana jika isi dari sebuah rumah tidak unik, sama dengan di tempat lain? Juga dengan blog, bagaimana jika konten/artikelnya "kopi paste" dari blog lain?

Nah, dengan artikel ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan di atas!

Jawaban untuk RUMAH:
Sudah selazimnya rumah itu memiliki jendela dan pintu belakang. Hal ini tidak semata-mata hanya sebagai hiasan belaka, namun sebagai sirkulasi udara, supaya kondisi rumah selalu nyaman.

Sehingga meskipun tamu yang datang kurang kerasan, mereka masih dapat merasakan kesejukan melalui jendela-jendela yang ada. Dan jika diperlukan, apabila pintu depan macet, tamu bisa keluar lewat pintu belakang.

Jawaban untuk BLOG:
Mana Jendela dan Pintu Belakangnya!?

Mungkin itu yang menjadi pemikiran teman-teman blogger. Kita bisa memberikan jendela dan pintu belakang pada artikel dengan jalan memberikan backlink kepada sumber tempat kita meng-kopi-paste artikel.

Backlink bisa kita tempatkan pada tengah artikel dan di akhir artikel. Sehingga saat terjadi kunjungan bot, sebagaimana yang dilakukan oleh bot adalah mendata seluruh artikel blog, maka artikel kopi-paste yang kita tulis, akan dianggap sebagai "artikel pendukung", "review", atau "referensi" dari/untuk sumber yang asli.

Dengan dianggapnya artikel kita sebagai artikel pendukung, tentunya akan memberikan nilai positip pada perkembangan ranking blog kita. Namun sebaliknya, jika artikel kita dianggap sebagai duplicated content atau sampah internet, sebagaimana yang tertulis dalam aturan baru google, sudah barang tentu ranking blog kita akan semakin turun. :)

Sekali lagi artikel ini ditujukan bagi belajar SEO untuk pemula, jika anda sudah mahir, silahkan menambahkan atau bahkan mengkoreksi.

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top